Paris Miki, Fairmont Hotel, Jakarta
Konsep ruang yang mengurai makna keindahan mata sebagai bagian vital dalam tubuh juga kehidupan dituangkan oleh Bata Merah Interior saat merancang butik kaca mata Paris Miki di lobi Fairmont Hotel, Jakarta. Brand kacamata asal Jepang yang telah mendunia sejak tahun 1930 ini memercayakan desain interior dari gerai terbarunya di Indonesia pada Verik, Creative Director & Interior Designer dari Bata Merah, untuk mengolah area seluas 120m² ke dalam 4 bagian yakni ruang konsultasi dan display, ruang koleksi premium, ruang lensa kontak, dan laboratorium untuk tes mata.
Konsep Mata Air menerjemahkan simbol penglihatan sebagai intisari dari konsep desain yang diusung oleh Bata Merah untuk optik premium Paris Miki. Termasuk mengambil inspirasi dari konsep pola dan bentuk mata manusia untuk membuat denah ruang. Penataan furnitur dan alur jalan pengunjung dibentuk seperti bentuk mata. Tak luput, detail seperti handle pada drawer dan pintu masuk turut diaplikasikan. Dengan perhitungan teliti dan pengaturan kebutuhan, partisi lengkung yang membentuk ruang pun difungsikan sebagai tempat penyimpanan tambahan. Tidak ketinggalan, mengawinkan unsur Indonesia ke dalam esensi interior seperti panel batik dan fabric Nusantara pun dilakukan sebagai filosofi desain dari Bata Merah.
Semakin meluaskan konsep dan makna mata sebagai inti kehidupan, Bata Merah menguatkan metafora mata air untuk mempermanis desain ruang. Mata air ini disimbolkan oleh pertautan beberapa elemen dari kultur Asia, seperti ikan Koi yang dilukis tangan oleh Verik pada dinding di area konsultasi. Di mana sekaligus menjadi simbol dari sebuah kemakmuran dalam kehidupan.